Berita Indonesia : Peretas Situs Seskab Ternyata Hacker China

PASBERITA.comSitus milik Sekretariat Kabinet www.setkab.go.id diretas oleh 'hacker' tak dikenal pada Kamis (24/12) lalu. Setkab telah melakukan penanganan dan pelacakan. hasilnya?

"Apa yang terjadi dengan peretasan situs Setkab, kita segera menangani. Waktu itu kami berkoordinasi dengan Kemenko Polhukam dan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk mengetahui, mengejar dan juga memproteksi masalah tersebut," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kantornya, Gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Senin (28/12/2015) sebagaimana dilansir detikcom.

Dikatakan Pramono, diketahui alamat IP (Internet Protocol Address) yang digunakan pelaku berasal dari China. Namun pihaknya belum mau mengungkap lebih jelas.

"Sebagai informasi awal, sudah diketahui kira-kira siapa yang melakukan itu. Di mana dilakukan belum bisa disebutkan. Tetapi IPnya sudah diketahui menggunakan IP China," kata Pramono.

"Dan detilnya kalau sudah lengkap tentunya akan diambil tindakan terhadap orang-orang yang melakukan itu," tambahnya.

Pramono mengatakan, pasca kejadian itu, pihaknya telah meningkatkan keamanan terhadap situs. Hal ini juga dilakukan di situs-situs milik pemerintah lainnya.

"Untuk di internal instansi pemerintah, termasuk di Setkab kita akan meningkatkan proteksi ataupun juga barrier supaya tidak gampang dimasuki hacker," katanya.

Lalu, apa sudah diketahui motif peretasan situs tersebut? Pramono tak menjelaskan secara rinci. Namun ditegaskannya motif pelaku tidak didasarkan pada politik.

"Ini pribadi. Kalau dilihat dari cara mereka itu terlihat ada unsur main-mainnya. Jadi menunjukkan bahwa mereka bisa menembus pemerintahan. Motif pribadi, bukan motif politik atau apapun," katanya.

Saat ini situs Setkab sudah bisa diakses dengan layanan normal. (*)




 


sumber Sumber